Yuk Kenali 5 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan
Yuk Kenali 5 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan

Yuk Kenali 5 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak kenal dengan madu? Makanan manis ini sudah dikenali oleh hampir semua orang. Selain rasanya yang enak, madu juga dikenal sebagai bahan alami yang memiliki cukup banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Selama ini mungkin kamu mengonsumsi madu hitam yang mudah ditemukan di pasaran. Nah, tahukah kamu bahwa madu memiliki beberapa jenis? Ya, tidak hanya madu hiitam, kamu juga bisa menemukan madu jenis lain seperti madu hijau, madu putih, madu hutan, serta madu akasia.

Di antara berbagai jenis tersebut, terdapat satu jenis madu yang sempat menjadi bahan perbincangan di Indonesia karena khasiatnya yang cukup banyak. Ya, madu berwarna hijau dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit lho.

Manfaat Madu HIjau Untuk Kesehatan

Disebut madu hijau karena memang jenis madu yang satu ini berwarna hijau. Eits tapi jangan salah, warna hijau pada madu ini tentu bukan berasal dari pewarna buatan.

Lantas darimana warna hijau tersebut? Jawabannya yaitu dari ekstrak beberapa daun seperti daun saga, spirulina, daun sirih, juga daun kelor. Hem pantas saja madu ini banyak manfaatnya ya.

Adapun beberapa kandungan yang ada dalam madu berwarna hijau ini, diantaranya ialah steroid, tannin. Alkonoid, fenolik, saponin, juga terpenoid, zat-zat tersebut memiliki sifat antiperadangan dan antikanker. Baiklah, yuk baca artikel gizi secara keseluhuran dan ketahui sejumlah manfaat dari madu berwarna hijau.

Obat batuk dan Radang Tenggorokan

Batuk dan sakit tenggorokan adalah dua masalah kesehatan yang seringkali muncul bersamaan.  Apabila kamu sedang mengalami masalah ini, cobalah kamu mengonsumsi madu hijau. Selain rasanya yang tidak pahit seperti obat, madu ini juga terbebas dari berbagai zat kimia yang biasa terkandung dalam obat-obatan.

Mengatasi Disentri

Disentri merupakan infeksi pada usus yang menyebabkan diare serta mengandung darah atau lendir. Gejala yang menyertai disentri biasanya yaitu mual, demam, kram perut, juga muntah.

Tak disangka, ternyata kamu bisa mengatasi penyakit ini dengan mengonsumsi madu hijau. Ini karena kandungan antibakteri dari akar bajakah pada madu ini mampu memulihkan saluran pencernaan yang meradang.

Mengatasi Diabetes

Madu yang satu ini  dipercaya bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah. Tak hanya itu, kandungan ekstrak daun sirih pada madu ini juga dapat menurunkan kadar glukosa darah pada seseorang yang didiagnosa diabetes.

Mengatasi Penyakit Lambung

Manfaat lain dari madu jenis ini adalah untuk mengatasi penyakit lambung. Madu ini dipercaya bisa mengatasi infeksi lambung dan menetralisir asal lambung berlebih.

Menambah stamina tubuh

Gula yang terkandung dalam madu hijau bisa memberikan energi berkelanjutan sehingga tubuh tidak mudah lelah dan selalu bugar setiap harinya.