TikTok, Cara Baru Pemasaran Bisnis Online
TikTok, Cara Baru Pemasaran Bisnis Online

TikTok, Cara Baru Pemasaran Bisnis Online

Jika Anda memiliki bisnis online, pemasaran TikTok dapat menjadi saluran yang bagus untuk merek Anda, karena persaingan di platform tersebut relatif sedikit. Namun, jika Anda baru mengenal TikTok, Anda mungkin tidak tahu bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk memasarkan perusahaan Anda.

Ada beberapa kontroversi dengan aplikasi terkait privasi data, tetapi popularitasnya masih terus meningkat, jadi pertimbangkan ini sebelum membuat strategi pemasaran TikTok.

Di bawah ini kami akan mengeksplorasi bagaimana dan mengapa Anda harus menggunakan TikTok sebagai saluran pemasaran untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Mengapa Pemasaran TikTok?

Banyak pemilik bisnis belum meluangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana TikTok dapat berfungsi sebagai alat pemasaran. Mungkin karena mereka menganggap platform tersebut hanya memiliki basis pengguna “muda”.

Namun, TikTok sekarang menarik banyak orang. Faktanya, hampir 38% pengguna TikTok di AS berusia di atas 30 tahun.

Rendahnya persaingan bisnis menghadirkan peluang yang sangat besar karena Anda dapat menjangkau banyak orang dengan biaya yang relatif murah.

Tetapi haruskah Anda menggunakannya untuk bisnis Anda? Bagaimana Cara Kerja TikTok?

Sebelum kita berbicara tentang bagaimana Anda dapat menggunakan TikTok, mari kita bahas cara kerja platform dengan cepat. Platform ini didasarkan pada video yang maksimal 15 detik (dan dapat digabungkan hingga total 60 detik, dan orang-orang berinteraksi dengan video dengan menggulir feed mereka.

Salah satu hal keren tentang TikTok adalah memungkinkan orang untuk menambahkan segala macam efek pengeditan dan musik latar ke video mereka. Hal ini mengakibatkan banyak video tarian menjadi viral di platform, karena orang dapat merekam video diri mereka menari dengan lagu tertentu.

Saat berinteraksi dengan video, orang dapat “menyukai”, mengomentari, atau berbagi video yang mereka sukai dengan pengguna lain melalui pesan langsung atau SMS dan aplikasi lain.

Angka keterlibatan sangat tinggi di platform. Menurut satu studi oleh Influencer Marketing Hub, TikTok mengalahkan semua platform lain dalam hal tingkat keterlibatan di semua akun dari semua ukuran.

TikTok juga sangat bagus dalam menjaga orang-orang di aplikasi, karena pengguna biasanya berinteraksi dengannya selama 45 menit sehari.

Jika Anda memiliki profil TikTok, orang-orang dapat mengikuti akun Anda dan mengatur notifikasi sehingga mereka diberi tahu setiap kali Anda memposting video.

Bagian yang sulit adalah mencari cara membuat jenis konten yang sesuai dengan pengguna TikTok. Lagi pula, konten dan gaya konten TikTok berbeda dari yang ada di platform media sosial lainnya.

Jika Anda menggunakan platform sebagai pengamat selama satu atau dua minggu, Anda akan dapat mengembangkan perasaan untuk berbagai hal. Ini kemudian dapat membuat segalanya lebih mudah ketika Anda menggunakan platform sebagai saluran pemasaran.

Berhasil dengan TikTok turun untuk membuat konten yang menarik. Jika Anda dapat melakukannya, orang-orang lebih cenderung menonton dan terlibat dengan video Anda, sehingga algoritme menempatkan konten Anda di depan lebih banyak orang.

Mungkin cara termudah untuk membuat konten bisnis yang menarik untuk profil TikTok Anda adalah dengan mengadopsi pendekatan yang sama dengan yang Anda gunakan saat membuat ide posting blog.

Jika Anda ingin membuat konten posting blog yang menarik, pertama-tama Anda harus memikirkan beberapa masalah atau topik yang menarik minat audiens target Anda.

Jika Anda tidak tahu cara mengidentifikasi masalah atau minat, tanyakan! Audiens Anda yang ada mungkin bersemangat untuk berbagi beberapa masalah yang mereka hadapi atau apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.

Atau, Anda dapat melihat beberapa pertanyaan umum yang diajukan audiens Anda di forum populer yang didedikasikan untuk niche Anda.