Sunan Giri Menyebarkan Ajaran Agama Islam Menggunakan Permainan Anak
Sunan Giri Menyebarkan Ajaran Agama Islam Menggunakan Permainan Anak

Sunan Giri Menyebarkan Ajaran Agama Islam Menggunakan Permainan Anak

Wali songo merupakan wali yang menyebabkan agama Islam di tanah Jawa. Sunan Giri merupakan salah satu Walisongo. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sunan Giri, anda bisa langsung saja simak penjelasan singkat berikut ini!

Mengenai Sunan Giri

Sunan Giri memiliki rupa-rupa nama, yaitu Joko Samudro, Raden Paku, dan Muhammad Ainul Yaqin. Beliau lahir Blambangan tahun 1442 Masehi.

Beliau merupakan anak dari Maulana Ishaq yang merupakan seorang mubaligh Islam di Asia tenggara, dan ibunya ada Dewi Sekardadu yang merupakan putri dari Prabu Menak Sembayu yang merupakan seorang penguasa Blambangan saat masa akhir kerjaan Majapahit.

Dari silsilahnya inilah, bahwa ia memiliki garis keturunan raja dari sang ibu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika beliau memiliki banyak nama. Tetapi nama aslinya adalah Raden Paku. Nama tersebut merupakan nama yang diberikan oleh orang tuanya.

Masa Kecil Sunan Giri

Saat masih kecil ia sudah dibuang ke laut. Sebenarnya ada beberapa versi mengenai beliau yang dibuang ke laut.

Ada yang versi yang mengatakan jika pernikahan kedua orangtuanya tidak disukai oleh banyak pihak, termasuk para patih. Karena hal ini para patih memadukannya ke peti, kemudian membuang peti tersebut ke lautan.

Ada juga versi yang mengatakan jika ayahnya mengajak sang kakek yaitu Prabu Menak Sembayu untuk masuk Islam, tapi sang kakek menolaknya. Hal ini membuat ia marah kemudian mengusir ayah Sunan Giri.

Karena hal tersebutlah, para patih menghanyutkan sunan Giri setelah beliau lahir. Ibu Sunan Giri meninggal saat melahirkan.

Cerita lain juga mengatakan jika kelahirannya mengakibatkan musibah berupa wabah penyakit, sehingga saat bayi beliau dibuang dengan cara dihanyutkan di lautan.

Nah, saat dibuang ke lautan, beliau ditemukan oleh awak kapal bernama Sobir dan Sabar dan dibawa ke Gresik. Kemudian diadopsi oleh suadagar perempuan yaitu Nyai Gede Pinatih. Dari ibu angkatnya inilah beliau mendapat nama Joko Samudro.

Berguru Kepada Sunan Ampel

Saat mulai beranjak dewasa, sunan giri dibawa ke Ampeldenta. Di sana beliau berguru kepada Sunan Ampel. Dari sanalah beliau mulai belajar tentang agama Islam lebih dalam lagi. Beliau diberi nama Raden Ainul Yaqin atau Muhammad Ainul Yaqin oleh Sunan Ampel.

Berkat Sunan Ampel juga, Sunan Giri akhirnya bisa bertemu dengan sang ayah dan mengetahui silsilah keluarganya. Beliau juga mendirikan pondok pesantren di pulau Jawa, dan terkenal bahkan sampai luar Jawa.

Berdakwah Lewat Permainan Anak

Sudah diketahui banyak orang terlebih lagi para umat muslim Indonesia, jika ia terkenal karena metode dakwahnya. Ya, beliau berdakwah agama Islam dengan cara memperkenalkannya melalui permainan anak-anak.

Beberapa mainan yang beliau ciptakan antara lain adalah jelungan, jamuran, gendir gerit, dan cublak-cublak suweng. Permainan tersebut sangat terkenal di pulau Jawa dan menjadi permainan tradisional yang masih cukup sering dimainkan hingga saat ini.