Resep Tteokbokki Rumahan Sederhana
Resep Tteokbokki Rumahan Sederhana

Resep Tteokbokki Rumahan Sederhana

Menjadi masakan khas Korea,kita bisa menikmati tteokbokki yang masuk dalam makanan khas Korea yang halal. Seperti kita ketahui tteokbokki atau yang dikenal topokki merupakan makanan yang disukai banyak orang. Bagi orang yang mungkin menginginkan masakan tteokbokki rumahan,serta membuatnya dirumah. Anda bisa mencoba membaca artikel keren ini yang notabenenya sangat amat enak.

Daripada anda harus travelling ke Korea jauh jauh,anda bisa mencoba membuatnya di rumah dengan mudah. Apabila anda sedang mencari resep dan cara pembuatan tteokbokki di rumah anda bisa mencoba membaca artikel ini.

 

Resep Tteokbokki Pedas

Ini resep lain untuk tteokbokki pedas untuk anda. Jika anda baru mengenal hidangan ini, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “kue beras tumis”, tteokbokki adalah salah satu makanan ringan/makanan ringan paling populer di rumah dan di jalanan Korea!  Untuk versi soup anda bisa mencoba mengetahui hal ini.

Tteokbokki dibuat dengan garaetteok (가래떡), kue beras putih berbentuk silinder. Yang tebal diiris menjadi bentuk oval tipis untuk membuat tteokguk (sup kue beras). Yang lebih tipis dan lebih pendek digunakan untuk tteokbokki, oleh karena itu disebut tteokbokki tteok (떡볶이떡). Anda bisa menggunakan salah satunya untuk resep ini. Mereka dijual baik yang baru dibuat, didinginkan, atau dibekukan di pasar Korea.

 

Tidak seperti tteokbokki yang lebih umum dalam saus kental, versi kuahnya menggunakan lebih banyak kaldu sehingga kuahnya yang pedas dan sedikit kental bisa dinikmati bersama dengan lontong yang kenyal. Biasanya, tteokbokki dibuat dengan kaldu ikan teri untuk rasa yang lebih dalam. Kaldu beraroma membuat perbedaan besar dalam resep ini juga.

 

Untuk pilihan vegan, Anda bisa menggunakan kaldu sayuran dan menghilangkan kue ikan dan telur.

 

Menggunakan gochugaru (고추가루), serpih paprika merah Korea) untuk kepedasan sebagai pengganti gochujang (pasta cabai merah Korea) yang digunakan dalam resep tteokbokki lainnya. Gochujang dibuat dengan tepung beras atau tepung, sehingga bisa membuat kuahnya lebih kental. Jadi, gochugaru bekerja lebih baik untuk rasa kaldu yang lebih bersih. Gochugaru yang ditumbuk halus adalah yang terbaik untuk resep ini, tetapi tidak mutlak diperlukan. Saya menggiling gochugaru saya yang sedang digiling halus dalam penggiling bumbu.

 

Untuk sayuran, lebih baik menggunakan kubis  yang ada di lemari es. Kubisnya yang lembut dan manis terasa nikmat dengan kuahnya yang pedas. Pasti bisa diganti dengan sawi hijau.

 

Biasanya menambahkan telur rebus atau mie ramen ke jenis tteokbokki ini, tetapi itu opsional. Anda juga dapat menggunakan mie pati ubi jalar yang direndam pengganti mie ramen jika diinginkan.

 

Bahan Membuat Tteokbokki

-1 pon tteokbokki tteok (potongan kue beras panjang 2 hingga 3 inci atau bentuk oval)

-1kubis hijau

-2 lembar eomuk , (kue ikan – alias oden)

-2 daun bawang

-1/4 bawang bombay

-2 telur rebus lunak – opsional

-1/2 dari 1 bungkus mie ramen mentah – opsional

-5 hingga 6 cangkir kaldu ikan teri

Bumbu Lainnya

-3 sendok makan gochugaru , serpihan cabai merah Korea, sebaiknya ditumbuk halus

-2 sendok makan kecap asin

-1 sendok makan gula pasir

-1 sendok makan sirup jagung atau oligodang atau gunakan 1/2 sendok makan gula lagi

-1 sendok makan bawang putih

-1/2 sendok teh garam

-Sedikit lada

 

Cara Membuat Tteokbokki Rumahan

  1. Rendam kue beras selama sekitar 20 menit jika mengeras atau didinginkan. Buat kaldu ikan teri (lihat catatan).
  2. Potong kubis, kue ikan, dan daun bawang menjadi potongan-potongan sepanjang 2 inci. Iris tipis bawang bombay.
  3. Tambahkan kaldu ikan teri (atau air) ke dalam panci besar atau panci dangkal. Aduk campuran bumbu yang sudah disiapkan. Didihkan dengan api sedang.
  4. Tambahkan kue beras dan masak, aduk sesekali. Saat lontong mulai empuk, masukkan sayuran, perkedel ikan, dan telur opsional. Lanjutkan merebus, aduk sesekali, sampai lontong dan sayuran lunak, sekitar 10 menit. Tambahkan mie opsional dengan 2 menit tersisa.
  5. Tteokbokki pun siap dihidangkan