Pengaruh Big Data dalam Transformasi Digital
Pengaruh Big Data dalam Transformasi Digital

Pengaruh Big Data dalam Transformasi Digital

Perilaku manusia terus berubah beriringan dengan perkembangan teknologi. Dengan berkembangan teknologi digital, banyak perilaku baik dari bekerja, belajar, menikmati hobi dan lain hal terus berubah dan semua hal berada dalam genggaman; hal inilah yang dipahami sebagai transformasi digital.

Apa itu transformasi digital? Transformasi digital adalah perubahan perilaku dalam menggunakan teknologi yang sebelumnya bersifat analog menjadi digital, melalui Artificial Intelligence, Big Data, dan internet untuk berbagai hal. Transformasi digital telah menjadi salah satu kebutuhan untuk berkembang di pasar dan bisnis. Transformasi digital dan layanan pengembangan aplikasi seluler merupakan hal penting agar tetap kompetitif. Beberapa unit bisnis telah memulai perjalanan transformasi digital dengan menemukan model bisnis baru, teknologi, dan proses bisnis.

Dalam aspek bisnis usaha, transformasi digital dapat membantu Anda merangkul budaya perubahan dan tetap kompetitif di lingkungan global. Bagaimana caranya? Big Data dalam transformasi digital dapat membantu unit bisnis Anda menciptakan strategi adaptif yang efektif, hasil yang tepat dengan biaya yang pas. Ketika Anda mengetahui perilaku yang dilakukan oleh konsumen ataupun karyawan dalam sebuah kurun waktu, maka Anda dapat membuat proyeksi perkiraan perilaku mereka di masa mendatang, dan mulai menerapkan perubahan untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda. Transformasi digital akan terjadi dengan baik apabila kita mengadopsi big data dengan baik. Berikut adalah hal penting yang perlu Anda adopsi untuk menjalankan sebuah transformasi digital dengan pengelolaan Big Data.

Mengidentifikasi Tujuan

Melihat data dari perusahaan lain dan mengadopsinya menjadi strategi digital Anda merupakan langkah yang salah. Pahamilah bahwa setiap bisnis adalah unik, dan data yang dimiliki setiap perusahaan belumlah sama. Oleh sebab itu titik awal dari sebuah transformasi digital adalah memahami secara strategis tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang menjawab tantangan dari konsumen Anda.

Dengan memiliki daftar tujuan dari unit bisnis Anda atau program yang akan Anda luncurkan, maka Anda dapat mulai memilah Big Data menjadi informasi dan wawasan yang dapat digunakan untuk mencapai kesuksesan. Mulailah dari tujuan yang sederhana dan spesifik seperti:

  • Meningkatkan alur kerja karyawan untuk produktivitas yang lebih baik.
  • Meningkatkan atau mengubah pengalaman pelanggan.
  • Mempertahankan pelanggan.
  • Mengurangi biaya.

Lakukan Analisis Prediksi dan Optimasi Bisnis

Di dalam Big daya terdapat sekumpulan data mentah, terstruktur, atau tidak terstruktur dari berbagai sumber. Dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence dan Big Data Prediction Model maka dapat membantu untuk membuat analisis prediksi sehingga Anda dapat mengoptimalkan strategi bisnis, seperti membuat penawaran promosi, diskon, menyarankan produk pembelian yang berbeda. Atau hal lainnya

Memahami Pelanggan Anda Lebih Mendalam

Analisis Big Data membantu Anda mengenali perilaku konsumen dengan menyadari proses pemikiran dan feedback yang mereka berikan. Perusahaan dapat menyelaraskan strategi mereka sesuai dengan perilaku pelanggan serta mengurangi keluhan sebelum membuat pelanggan tidak senang. Beberapa perangkat analisis data masa kini bahkan dapat memperkirakan emosi negatif dari konsumen sehingga Anda dapat melakukan strategi prefentif.

Melakukan pengumpulan Big Data, memilah, menganalisis dan menyajikannya menjadi sebuah acuan dalam membuat strategi tentu membutuhkan kemampuan khusus. Terlebih dengan berkembangnya Artificial Intelligence dan perangkat analisis terkini, maka sangat mungkin Anda membutuhkan partner yang membantu pengelolaan unit bisnis Anda. Telkom DWS dapat menjadi partner bisnis yang tepat bagi Anda dalam melakukan langkah-langkah pengolahan Big Data dan juga berbagai kebutuhan digital lainnya sehingga unit bisnis Anda dapat beradaptasi dengan baik di era transformasi digital.

 

Sumber:

https://www.linkedin.com/pulse/how-big-data-aiding-effective-digital-transformation-anuj-tripathi

https://www.comidor.com/blog/cloud-technology/big-data-analytics-in-digital-transformation/

https://www.compunneldigital.com/blog/how-big-data-analytics-drives-digital-business-transformation/#gref

https://www.forbes.com/sites/danielnewman/2015/12/22/the-role-big-data-plays-in-digital-transformation/?sh=1cdb758f75d3