Apa Sebenarnya Pembengkakan Jantung Pada Bayi?
Apa Sebenarnya Pembengkakan Jantung Pada Bayi?

Apa Sebenarnya Pembengkakan Jantung Pada Bayi?

Pembengkakan jantung atau cardiomegaly adalah kondisi dimana jantung berukuran lebih besar dari seharusnya. Ini bisa karena penebalan atau ukuran ruang dalamnya yang melebar. Dan diantara jenis kasus ini, pembengkakan jantung pada bayi termasuk salah satu yang mungkin terjadi. Apa sebenarnya yang terjadi pada kasus pembengkakan jantung bayi ini?

Apa Yang Menyebabkan Pembengkakan Jantung Pada Bayi?

Kondisi pembengkakan jantung pada bayi biasanya muncul sejak lahir. Namun ada pula yang terjadi setelah beberapa bulan pasca kelahiran. Biasanya disebabkan oleh kondisi genetik sehingga bayi memiliki situasi cacat jantung.

Di antara kondisi cacat jantung yang kerap terjadi, salah satu kasus yang cukup banyak terjadi adalah terbentuknya lubang pada jantung. Lubang pada jantung menyebabkan dua bilik utama pada jantung tidak sepenuhnya tersekat.

Sekat pada jantung berfungsi sebagai pemisah antara darah bersih yang kaya akan oksigen dan nutrisi dengan darah kotor yang mengangkut karbondioksida dan unsur residu lain. Bila sekat pada jantung berlubang, maka darah bersih dan darah kotor bisa bercampur. Ini menyebabkan penumpukan cairan yang memicu pembengkakan jantung pada bayi.

Kondisi ini akan menyebabkan tubuh memompa darah yang tidak dalam kondisi sehat ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh mungkin kekurangan suplai oksigen dan nutrisi makanan. Efek pembengkakan juga memicu pasien mengalami efek sesak nafas dan nyeri pada dada.

pembengkakan jantung pada bayi 2

Kondisi lubang pada jantung juga dapat Anda bagi menjadi 2 jenis lagi. Dan kedua jenis tersebut antara lain adalah.

Ventricular Septal Defect (VSD)

Ini merupakan kondisi lubang pada jantung yang terletak pada septum yang menjadi pemisah antara ventrikel kanan dan ventrikel kiri. Akibatnya, darah yang bersih pada ventrikel kiri akan masuk ke ventrikel kanan dan bercampur dengan darah kotor yang mengangkat karbondioksida dan residu dari metabolisme tubuh.

Sejatinya, efek gerak pompa dari otot jantung mendorong darah keluar dari ventrikel kiri. Seharusnya dari ventrikel kiri ini darah masuk ke saluran aorta. Namun akibat lubang bocoran tadi, darah justru masuk menuju ventrikel kanan dan bercampur kembali dengan darah kotor dalam ventrikel kanan. Gangguan inilah yang disebut sebagai Ventricular Septal Defect (VSD).

Bayi dengan kondisi VSD ini akan diketahui dari ciri khasnya yang mudah dikenali. Ciri khas VSD adalah suara gemuruh khas yang muncul dari jantung. Biasanya pemeriksaan fisik dengan stetoskop sudah dapat mengenali suara khas yang muncul. Pasien juga mungkin mengalami masalah pernafasan yang lebih pendek, mudah lelah dan rewel.

Biasanya secara medis terapi yang sebaiknya Anda terapkan pada bayi adalah dengan pembedahan khusus untuk mengembalikan fungsi bagian bagian dari sistem kerja jantung. Pasien biasanya perlu menunggu sekitar 1 tahun untuk memastikan kondisi pasien pembengkakan jantung pada bayi.

Atrial Septal Defect (ASD)

Pembengkakan jantung pada anak juga bisa terjadi karena lubang yang terbentuk pada septum yang menjadi sekat antara atrium kiri dan atrium kanan. Akibatnya darah yang bersih dan kaya oksigen lagi lagi bercampur dengan darah kotor. Dan darah kotor tidak berhasil mengalir sempurna menuju proses penyaringan sebagaimana mestinya. Serta darah bersih tidak bisa masuk ke dalam seluruh tubuh dengan optimal.

Gejala yang muncul pada umumnya serupa dengan jenis VSD, pembengkakan jantung pada bayi juga rentan terjadi. Bayi acapkali mengalami sesak nafas dan nafas yang tidak teratur. Beberapa kasus juga disertai dengan pembengkakan pada kaki dan tangan bayi.

Kebanyakan kasus ASD cenderung akan berangsur sembuh seiring waktu dan akan terlihat lebih sehat pada usia 5 tahunan. Namun bila memasuki usia 3 tahun dan kondisi anak belum menunjukan kondisi membaik dan pembengkakan jantung pada bayi tidak kunjung menunjukan pengempisan, dokter bisa jadi akan menyarankan pembedahan untuk menutup lubang yang terbentuk.