Panduan mudah memilih Makanan anjing
Panduan mudah memilih Makanan anjing

Panduan mudah memilih Makanan anjing

Ketika anda memiliki hewan peliharaan kesayangan seperti anjing maka penting bagi anda untuk merawatnya dengan baik. Salah satu langkah dalam perawatan yang perlu diperhatikan adalah memberikan makanan yang bagus untuk mereka. Artinya, pemberian Makanan anjing perlu diperhatikan karena seperti makhluk hidup lainnya, anjing juga memerlukan makanan yang baik sehingga bisa sehat dan bugar setiap hari. Dengan pemberian nutrisi yang tepat maka anjing bisa berkembang dengan baik dan setiap anjing juga membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda berdasarkan usia, berat badan, kondisi kesehatan hingga sebab lainnya. Dengan demikian, penting bagi kita untuk mengetahui cara memilih makanan untuk anjing agar tumbuh dengan baik.

Tips mudah memilih Makanan anjing

Dipasaran, memang ada banyak sekali makanan untuk hewan khususnya anjing. Namun, meskipun jumlahnya cukup banyak maka penting untuk kita mengetahui tipe makanan seperti apa yang dibutuhkan untuk mereka sehingga bisa kesehatan mereka juga cukup baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pemilihan makanan untuk anjing sesuai dengan kondisi mereka.

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli Makanan anjing adalah memperhatikan jaminan nutrisi dari makanan tersebut. Makanan untuk hewan yang ada dalam kemasan harus memiliki izin edar dan memenuhi pedoman nutrisi yang telah ditetapkan oleh lembaga setempat. Selanjutnya, anda juga perlu memeriksa daftar bahan-bahan yang digunakan yang biasanya tertulis pada kemasan. Adapun makanan yang baik untuk anjing terkandung seperti jagung, tepung daging sapi, kentang, kacang polong, dan ayam. Anda juga perlu menghindari bahan makanan yang dapat membahayakan anjing seperti anggur, kismis, bawang, cokelat, tulang hewan, makanan yang mengandung ragi, hingga kacang macadamia.

Makanan anjing  untuk bayi dan anjing dewasa

 Jika anda memiliki anak anjing yang masih menyusui dari induknya hingga usia 7 sampai 8 minggu maka pilihlah makanan yang telah diformulasikan khusus. Biasanya makanan ini mengandung banyak protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Adapun jumlah kandungan protein dan lemak pada makanan untuk anak anjing bisa 2 kali lipat lebih banyak dari makanan anjing dewasa. Nutrisi ekstra ini sendiri bertujuan untuk menunjang pembentukan tulang, gigi, dan otot dan juga menyediakan energi yang dibutuhkan untuk bermain.

Sedangkan untuk anjing dewasa, maka Makanan anjing ini berbeda dengan anjing yang masih bayi. Idealnya, makanan untuk usia 1 tahun lebih idealnya mengandung protein, lemak, karbohidrat, air, serta berbagai jenis vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, selenium, zinc serta magnesium. Adapun porsi pemberiannya juga perlu disesuaikan dengan berat badan anjing dan seberapa aktif anjing tersebut beraktivitas. Sementara itu, pada anjing yang sedang hamil atau baru melahirkan maka berilah makanan yang mengandung kalori lebih tinggi sehingga pemberian makanan harus banyak.