Mengenal Menu 4 Bintang MPASI Kaya Nutrisi
Mengenal Menu 4 Bintang MPASI Kaya Nutrisi

Mengenal Menu 4 Bintang MPASI Kaya Nutrisi

Bayi mulai menerima makanan tambahan di usia 6 bulan. Bayi memulai makanan padat pertamanya dengan menu tunggal atau dari satu jenis bahan makanan. Secara bertahap, semakin bertambahnya umur bayi akan diberikan berbagai jenis nutrisi hingga menu makanan lebih lengkap. Menu lengkap tersebut dinamakan menu 4 bintang MPASI dengan 4 unsur gizi di bawah ini.

1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi salah satu unsur nutrisi paling utama bagi pertumbuhan bayi. Karbohidrat yang dikonsumsi bayi akan diubah menjadi sumber energi. Sisa dari sumber energi yang diolah nantinya akan disimpan menjadi cadangan makanan dalam bentuk lemak. Adapun sumber-sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi bayi berasal dari beras merah, beras putih, kentang, jagung hingga oatmeal.

2. Protein Hewani

Fungsi protein sendiri membantu pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein yang dikonsumsi bayi mampu membantu proses pertumbuhan bayi. Selain itu, protein juga lebih lama dalam menyimpan sumber energi. Protein hewani bisa didapatkan dari sumber daging ayam, telur, daging sapi dan salmon.

Konsumsi protein hewani yang mencukupi juga tidak akan mudah terserang penyakit. Peran protein sendiri sebagai pembentuk enzim. Sementara tugas enzim yaitu menghancurkan racun. Peran lainnya yaitu membantu mengedarkan zat gizi melalui peredaran darah. Salah satu protein yang dimaksud adalah Hemoglobin yang membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya.

3. Protein Nabati

Protein nabati mempunyai kandungan serat tinggi dan tentunya juga membantu proses pertumbuhan. Sebagai alternatif protein jika bayi mempunyai alergi pada protein hewani. Jadi untuk melengkapi nutrisi, bisa menggantinya dengan protein nabati. Sumber protein nabati yang bisa dikonsumsi bayi yaitu kacang hijau, kacang polong, tempe dan kacang merah.

4. Sayur

Selain protein nabati, serat juga terkandung pada sayur-sayuran. Kandungan airnya melimpah dan juga mengandung vitamin serta mineral tinggi. Sumber sayuran yang bisa dikonsumsi bayi yaitu brokoli, labu, bayam dan juga wortel.

Perbedaan Menu 4 Bintang dengan Menu Tunggal

Menu tunggal biasa diberikan terlebih dahulu sebelum menu lengkapnya. Menu tunggal artinya makanan yang diberikan bayi berasal dari satu jenis makanan. Makanan tunggal diberikan pertama kali karena bertujuan untuk mengetahui indikasi alergi pada bayi. Perlunya memberikan jeda sekitar 3-5 hari sebelum memberikan makanan tambahan kembali.

Adapun jenis-jenis makanan yang bisa menjadi penyebab alergi pada menu tunggal. Makanan yang dimaksud adalah telur, ikan, susu, kerang, kacang, gandum dan juga kedelai. Pengenalan menu tunggal sebaiknya diberikan selama satu minggu. Setelah satu minggu dan masa jeda selesai, bayi bisa diberikan makanan lainnya.

Itulah berbagai sumber gizi pada menu 4 bintang MPASI serta perbedaanya pada MPASI menu tunggal. Keduanya sama-sama penting, menu tunggal diberikan terlebih dahulu baru memberikan menu lengkapnya. Keduanya juga diberikan secara bertahap untuk melihat adanya gejala pada bayi.