Karbohidrat dan Protein dalam Menu Sarapan Pagi Harian Anak
Karbohidrat dan Protein dalam Menu Sarapan Pagi Harian Anak

Karbohidrat dan Protein dalam Menu Sarapan Pagi Harian Anak

Karbohidrat dan Protein dalam Menu Sarapan Pagi Harian Anak

Menyiapkan menu sarapan pagi harian kadang sangat menantang bagi para Ibu. Pasalnya, di pagi hari biasanya memiliki waktu yang sempit dengan saat berkegiatan mulai dari menyiapkan anak sekolah sarapan dan lain sebagainya,

Oleh karenanya banyak sekali anak-anak yang kemudian melewatkan waktu sarapannya. Pasalnya, mereka mengalami kesulitan untuk bangun lebih pagi sehingga tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengkonsumsi sumber energi pada hari itu.

Nutrisi dalam Menu Sarapan Pagi Harian

Oleh karenanya ibu dapat menyiapkan menu sarapan pagi harian yang praktis namun memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Kendati praktis tetapi Ibu tidak bisa mengabaikan nutrisi yang harus ada dalam menu sarapan.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Oleh karenanya sebaiknya pada saat pagi hari karbohidrat menempati porsi terbesar dalam sajian sarapan tersebut.

Untuk lebih praktisnya ibu dapat mengganti karbohidrat yang yang bersumber dari nasi dengan sereal, bubur gandum, atau roti. Ibu dapat menambahkan susu manis pada semangkuk sereal Koko Krunch sehingga lebih bervariasi,

Lainnya adalah membuat bubur gandum yang ditambahkan susu. Untuk penyegar, bisa tambahkan buah-buahan segar seperti strawberry, mangga, atau yang lainnya. Selain Untuk tambahan proteinnya bisa memanfaatkan berbagai macam kacang-kacangan yang ada misalnya mede, kacang tanah, atau kacang almond.

Ibu juga bisa membuat bubur gandum gurih yaitu campuran dengan oatmeal instan dengan kaldu. Kemudian tambahkan dengan potongan suwiran daging ayam atau cincang daging sapi. Tambahkan brokoli dan wortel secukupnya sebagai sumber serat

Untuk menu karbohidrat praktis lainnya yaitu dengan memanfaatkan roti. Ibu dapat membuat setangkup roti isi yang sangat sederhana. Antara lain diisi dengan telur dadar atau telur ceplok sebagai protein. Ditambah dengan beberapa lapis sayuran selada atau tomat Tambahkan saus-sausan untuk meningkatkan rasa.

Protein

Selain karbohidrat pada menu sarapan pagi juga perlu ditambahkan protein untuk menambah rasa kenyangnya. Karena protein merupakan salah satu nutrisi yang dapat membantu menahan rasa lapar.

Sumber protein yang paling mudah untuk dimanfaatkan sebagai menu sarapan adalah telur Ibu dapat membuat scramble egg, telur ceplok, telur mata sapi,serta telur dadar yang biasanya disajikan bersama nasi goreng.

Sumber protein lainnya bisa dari daging ayam yang disuwir atau cincangan daging sapi yang ditambahkan ke dalam bubur. Pilihan lainnya adalah kacang-kacangan seperti mete, kacang tanah, kacang almond, serta kacang kenari. Ibu dapat mempersiapkan sehari sebelumnya atau menyetok dan simpan dalam kulkas.

Menyiapkan menu sarapan pagi harian yang praktis tetap harus mempertimbangkan kandungan gizi yang ada dan diperlukan anak untuk beraktivitas pada hari itu. Namun, jangan khawatir terdapat banyak sumber makanan yang dapat digunakan untuk membuat sarapan yang praktis.