Contoh dalam beramal dan sedekah
Contoh dalam beramal dan sedekah

Contoh dalam beramal dan sedekah

Zakat PenghasilanBerikan pakaian. Secara tradisional, pakaian tua atau bekas diberikan sebagai hadiah dan ini dipahami sebagai isyarat belas kasih dengan yang direbut; namun, cinta kasih Kristen yang sejati terletak pada pemberian pakaian yang masih layak pakai dan dalam kondisi baik kepada mereka yang tidak memiliki apa-apa.

Bantu orang asing itu. Belas kasih dan empati dalam situasi risiko atau kerapuhan yang dialami oleh orang asing harus muncul dalam jiwa amal, yang bersedia menawarkan bantuan kepada mereka yang tidak memiliki hubungan dengannya dan tanpa mengharapkan balasan dalam bentuk apa pun sekarang atau di masa depan. . Ini termasuk, misalnya, meninggikan suara Anda untuk membela hak orang lain, minoritas, dan mereka yang tidak dapat melakukannya sendiri.

Membantu tanpa pamrih. Baik itu contoh klasik membantu wanita tua di seberang jalan atau memberikan tempat duduk untuk wanita hamil, amal melibatkan mengulurkan tangan yang baik kepada seseorang yang membutuhkan dan menempatkan kesejahteraan mereka di atas kita sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa contoh praktis perilaku amal terhadap anak-anak, orang tua atau orang cacat.

Melayani orang lain. Amal Kristen menyiratkan penolakan keegoisan dan merangkul sukacita memberi, jadi memberikan pelayanan tanpa pamrih kepada orang lain adalah contoh yang baik dari hal ini. Misalnya, membantu seseorang untuk memindahkan benda berat, untuk menemukan anggota keluarga yang hilang atau untuk mengambil apa yang telah dijatuhkan, bahkan jika dalam kasus terakhir kita dapat mengambil keuntungan individu dan egois dengan mengambil kepemilikan itu.

Memaafkan. Dalam banyak kesempatan, pengampunan bisa menjadi tindakan amal, terutama dalam situasi di mana agresor kita perlu berdamai dengan kerusakan yang mereka sebabkan kepada kita. Mengampuni orang yang menyakiti kita adalah amanat Kristen yang terkandung dalam banyak doanya (seperti Pater noster), dan dihargai sebagai cara untuk melepaskan dendam dan pertengkaran, cara untuk mencintai bahkan mereka yang menyakiti kita.

Renungkan orang lain. Bertindak secara bertanggung jawab bahkan dengan mereka yang tidak kita kenal atau tidak akan kita kenal, juga merupakan bentuk amal. Misalnya, ketika kita membersihkan sisa-sisa meja tempat kita makan di restoran cepat saji, kita memikirkan orang berikutnya yang menggunakannya, bahkan jika kita tidak tahu siapa itu atau mereka akan berterima kasih kepada kita.