Cara Mensterilkan Botol susu bayi
Cara Mensterilkan Botol susu bayi

Cara Mensterilkan Botol susu bayi

mencuci botol bayi 7

Air didihkan

babyhuki.co.id – Ini adalah metode nenek klasik, efektif dan ekonomis, meskipun tidak secepat yang lain. Setiap komponen botol (oleh karena itu juga dot dan mur cincin tetapi bukan tutup plastiknya) harus ditempatkan dalam pot yang cukup besar sehingga di bagian bawahnya saling bersebelahan.

sterilkan dengan air mendidih

Pada titik ini panci diisi dengan air, sampai benda-benda tertutup seluruhnya. Namun, dari saat mendidih, dibutuhkan waktu dua puluh menit agar sterilisasi menjadi efektif. Kemudian panci dikosongkan dan semuanya dibiarkan dingin.

Dingin

Sterilisasi botol dingin melibatkan merendam potongan individu dalam wadah dengan air, di mana tablet atau cairan pembersih (seperti yang dari mesin pencuci piring) dilarutkan.

Tidak diragukan lagi ini adalah solusi paling praktis ketika Anda jauh dari rumah atau bepergian.

Ada untuk beberapa kelemahan, yaitu:

biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian produk sanitasi (yang harus diganti setiap 24 jam)

jenis proses yang, karena bahan kimia, disarankan untuk diganti dengan proses lain yang lebih alami (walaupun produknya tidak berbahaya bagi anak dan disahkan oleh Kementerian Kesehatan)

Pencuci piring

Untuk mensterilkan botol di mesin pencuci piring, ada wadah khusus di pasaran yang memungkinkan Anda memasukkan semua bagian botol di dalamnya, tanpa membiarkannya “berkeliaran” di dalam alat. Mesin pencuci piring generasi terbaru juga menyediakan siklus pencucian khusus untuk sterilisasi perlengkapan bayi. Jika tidak ada, sarannya adalah mengatur suhu pencucian minimum pada 90 ° C.

Juga dalam kasus mesin pencuci piring, seperti pada sterilisasi dingin, disarankan untuk mengganti metode lain. Penggunaan deterjen yang agak agresif, yang disediakan untuk fungsi optimal peralatan ini, dalam jangka panjang dapat meninggalkan residu terutama pada bagian silikon atau plastik.

Ini juga merupakan ide yang baik seperti yang diketahui, tetapi terlebih lagi dalam kasus sterilisasi botol, untuk menjaga filter mesin pencuci piring tetap bersih, bahkan hanya dengan menjalankan mesin cuci vakum dengan cuka.

Saran tambahan mengenai sterilisasi dingin dan sterilisasi mesin pencuci piring adalah untuk mendukung penggunaan kaca daripada botol plastik untuk metode ini.