Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Tepat
Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Tepat

Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Tepat

Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan TepatMenulis merupakan salah satu kemampuan motorik halus yang bisa dikatakan sangat penting dan harus dikuasai oleh anak. Hal inilah yang mendasari pentingnya bagi orang tua untuk mengetahui cara mengajarkan anak menulis. Tentu saja, dengan cara yang tepat, mengajarkan anak menulis nantinya akan cenderung lebih mudah.

Meskipun demikian, tidak dimungkiri bahwa mengajarkan anak untuk menulis bukanlah hal yang sederhana dan mudah. Anda bahkan nantinya harus menghadapi kondisi anak yang enggan untuk menulis atau bahkan memberontak.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajari anak menulis sejak awal. Penasaran? Simak ulasannya!

Persiapan Agar Anak Mau Belajar Menulis

Sebelum membahas tentang cara untuk mengajarkan anak menulis, tentu Anda harus mengetahui beberapa persiapan agar nantinya anak mau belajar menulis. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah mengenalkan anak dengan tulisan.

Poin ini sangat penting meskipun terdengar sepele. Dengan lebih mengenal tulisan, maka akan timbul keinginan anak untuk bisa menulis.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan perangkat untuk belajar termasuk tempat yang tepat. Misalnya, untuk awalan, Anda menyediakan pulpen dengan warna-warni agar anak lebih tertarik. Pun demikian, sediakan tempat yang baik agar mereka bisa belajar dengan lebih nyaman.

Tips Mengajari Anak Untuk Menulis

Berbincang tentang cara mengajarkan anak menulis, ada beberapa hal mendasar yang bisa dilakukan agar nantinya anak terbiasa menulis dan bisa diajari dengan lebih mudah. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menulis bebas

Ketika di awal mengajari anak untuk menulis, ada baiknya jika Anda tidak memaksakan kehendak. Caranya adalah biarkan anak untuk menulis bebas apa yang ingin mereka tulis. Hal ini sederhana tetapi sangat penting.

Tujuan dari membiarkan anak menulis bebas adalah membiasakannya agar menulis dan juga memegang alat tulis. Apabila nantinya ia sudah agak terbiasa untuk menulis, maka Anda baru mengarahkannya.

  • Memberikan contoh

Anak tentu masih memiliki imajinasi yang terbatas tentang tulisan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memberikannya contoh. Dalam hal ini, contoh yang dimaksud bukan hanya memberikannya tulisan dari buku atau majalah, tetapi Anda memperagakan bagaimana cara membuat tulisan tersebut.

  • Memberikan pola

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengajari anak menulis adalah membuatkan pola huruf atau tulisan. Hal ini cukup efektif untuk membiasakan anak menuliskan huruf atau tulisan tertentu. Nantinya, jika ia sudah terbiasa dengan pola, maka Anda bisa memberikannya metode menebalkan huruf yang tipis.

Beberapa hal di atas adalah apa yang bisa Anda lakukan terkait mengajari anak untuk menulis. Tentu, masih ada cukup banyak cara mengajarkan anak menulis lainnya. Hanya saja, perlu diketahui bahwa Anda harus memberikan pengajaran secara bertahap dan kontinu. Memang, perlu kesabaran lebih selama proses pengajaran.