Sosok Kaya Raya Roman Abramovich Mengawali Hidupnya Sebagai Orang Miskin

Di dunia sepak bola internasional, sosok pria bernama Roman Abramovich memang mendapatkan posisi yang begitu penting. Sebagai pemilik dari Liga Utama Inggris Cheslea FC, pria yang dilaporkan Forbes sebagai orang terkaya …

Belanja di Website Ranch Market

Siapa yang tidak kenal dengan Ranch Market, Supermarket yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok berkualitas tinggi. Cocok untuk anda yang selalu memprioritaskan kualitas produk demi memberikan yang terbaik untuk kebutuhan keluarga …

Cara Buat Pelanggan Senang Belanja Di Whatsapp

Cara Buat Pelanggan Senang Belanja Di Whatsapp – Penjualan online semakin meningkat pada marketplace seperti tokopedia dan juga shopee, namun banyak juga yang menggunakan sosial media untuk pemasaran dan kemudian mengalihkannya …

gambar unggulan

Selain bibit atau DOC ayam, pemilihan pakan ternak ayam berkualitas pun juga tidak boleh diabaikan. Terutama bagi mereka yang baru memulai usaha ternak ayam. Salah dalam pemilihan pakan tentu saja bisa membuat ayam yang diternak sulit berkembangbiak hingga akhirnya mati.

Oleh sebab itu, melalui postingan ini kami akan bagikan cara memilih pakan ternak ayam yang tepat dan mudah, penting untuk Anda ketahui.

Cara Memilih Pakan Ternak Ayam yang Tepat

Pada dasarnya pakan ternak ayam akan menjadi penentu utama kesuksesan dalam beternak ayam yang digeluti. Apalagi saat ini sudah semakin banyak pakan ternak ayam yang dijual di toko – toko dengan berbagai bahan alternatif.

pakan ternak ayam

Semakin bagus kualitas pakan yang dipilih, maka hasil panen yang didapatkan pun akan sesuai dengan keinginan.

Memilih yang Tidak Berbau Tengik

Sebagai langkah awal, disarankan agar Anda memilih pakan ayam yang tidak berbau tengik. Bau tak sedap ini menandakan bahwa kondisi pakan tersebut sudah turun kualitasnya, sebab sudah ditumbuhi berbagai bakteri dan jamur.

Pakan yang Tidak Menggumpal

Selain itu, pilih pakan yang tidak menggumpal. Pakan ayam dengan kualitas dan mutu yang bagus kondisinya tidak menggumpal. Caranya mudah, Anda bisa mencoba menggenggam pakan ayamnya. Jika terurai dengan baik artinya pakan tersebut layak dipilih.

Pakan yang Kaya Protein

Pakan ayam yang bagus adalah yang tinggi protein. Kandungan ini akan membuat tumbuh kemban ayam yang diternak menjadi maksimal. Selain itu, juga akan membantu meningkatkan produktivitas ayam menjadi lebih tinggi dibanding nutrisi lainnya.

Menyesuaikan dengan Periodenya

Hal penting lainnya adalah memilih pakan sesuai periodenya. Misalnya untuk pakan ayam layer sebaiknya dipilih pakan grower bukannya pakan starter. Alasannya, nutrisi dan teksturna kurang sesuai dengan jenis ayam tersebut.

Memilih Pakan yang Kondisinya Kering

Terakhir, pilih yang kondisinya tidak basah, alias kering. Pakan dalam kondisi basah hanya sebabkan ayam terkena flu. Selain itu, kandungan air yang berlebih juga sebabkan kotoran ayam menjadi cair.

Nah, itu dia cara memilih pakan ternak ayam yang tepat. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat.

Author

usasmoyo@yahoo.com