Sosok Kaya Raya Roman Abramovich Mengawali Hidupnya Sebagai Orang Miskin

Di dunia sepak bola internasional, sosok pria bernama Roman Abramovich memang mendapatkan posisi yang begitu penting. Sebagai pemilik dari Liga Utama Inggris Cheslea FC, pria yang dilaporkan Forbes sebagai orang terkaya …

Belanja di Website Ranch Market

Siapa yang tidak kenal dengan Ranch Market, Supermarket yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok berkualitas tinggi. Cocok untuk anda yang selalu memprioritaskan kualitas produk demi memberikan yang terbaik untuk kebutuhan keluarga …

Cara Buat Pelanggan Senang Belanja Di Whatsapp

Cara Buat Pelanggan Senang Belanja Di Whatsapp – Penjualan online semakin meningkat pada marketplace seperti tokopedia dan juga shopee, namun banyak juga yang menggunakan sosial media untuk pemasaran dan kemudian mengalihkannya …

cara buat pelanggan senang belanja di whatsapp

Cara Buat Pelanggan Senang Belanja Di Whatsapp – Penjualan online semakin meningkat pada marketplace seperti tokopedia dan juga shopee, namun banyak juga yang menggunakan sosial media untuk pemasaran dan kemudian mengalihkannya ke WhatsApp sebagai alat komunikasi jual beli. Mungkin termasuk kita sendiri melakukan promosi di sosial media dan menggunakan WhatsApp untuk transaksinya, karena itu kita harus mengetahui cara membuat pelanggan senang belanja di WhatsApp agar akhirnya ia membeli kepada kita.

WhatsApp mempunyai kelebihan karena disukai orang Indonesia, cocok dengan karakter orang Indonesia yang suka menanyakan terlebih dahulu dan membuat percakapan lebih personal. Terdapat juga fitur pada aplikasi WhatsApp yang membuat proses komunikasi lebih cepat, misalkan kemampuan untuk mengirim foto dan video dari produk yang akan dijual akan memudahkan calon pembeli melihat barang.

cara buat pelanggan senang belanja di whatsapp
cara buat pelanggan senang belanja di whatsapp

Dengan begitu dia akan lebih senang, diharapkan akan jadi membeli karena mood lebih baik. Berikut ini merupakan sejumlah cara yang bisa membuat pelanggan senang belanja di WhatsApp dan ingat terus dengan kita.

1.       Fokus Pada Target Pasar Dan Produknya

Setiap produk yang kita miliki tidak dapat dijual ke semua orang, karena minat masing-masing orang berbeda. Orang yang telah mengontak kepada kita pada dasarnya telah memiliki minat terhadap produk yang kita jual, oleh karena itu kita jangan sampai membuatnya tidak senang dengan menjual barang yang tidak ada hubungannya dengan kategori produk yang kita jual.

Apabila kemarin kita di kontak karena menanyakan produk tentang sepatu, maka terus bahas dan iklankan produk dengan tema sepatu. Kita hindari menjual produk dengan kategori lain seperti otomatif sebagai contohnya, tidak usah menawarkan produk penghilang jamur pada kaca mobil karena akan dikira aneh dan asal asalan dalam menjual yang ujungnya akan menghilangkan potensi penghasilan kita.

2.       Hubungkan toko online secara realtime

Bila anda menggunakan platform toko online, maka mulai dari sekarang hubungkan toko online anda tersebut dengan whatsapp secara realtime. Mulai dari proses pembelian, pembayaran, hingga pengiriman dikirim notifikasinya dengan cepat dan mudah. Hal itu bertujuan agar menngkatkan trust atau kepercayaan pelanggan ditoko anda tersebut sehingga berpotensi mereka akan repeat order/

Untuk menghubungkan toko online dengan whatsapp tersebut anda bisa menggunakan api whatsapp business yang tersedia saat ini. Selain itu manfaat lainnya yang bisa anda manfaatkan yaitu adalah membuat auto reply whatsapp, ucapan di luar jam kerja, broadcast dan masih banyak lainnya juga..

3.       Gunakan Fitur Status

Kita usahakan agar orang yang mengantar kita menyimpan nomor hp kita pada smartphone nya, karena apabila kita update status hanya dapat dilihat yang telah menyimpan nomor kita. Kalau kita sering update status pada WhatsApp akan memberi kesan bahwa tokonya aktif dan penjualan masih terus berjalan, bisa membuat calon pembeli lebih percaya lagi kepada kita. Juga akan membuatnya lebih senang belanja di WhatsApp pada kita karena barang yang ada di toko kita lebih bervariasi dan lebih terasa kekinian.

Kalau produk yang dijual oleh kita ada banyak, bahkan bisa menjadi beberapa status seperti fitur story di Instagram sehingga terlihat seperti katalog yang lebih mempermudah lagi jalan pembeli dalam melihat daftar produk yang terdapat di toko milik kita.

4.       Jawab Cepat Dan Tetap Ramah

Toko online atau penjualan pribadi yang melakukan penjualan di internet ada banyak sekali, bukan hanya diri kita sendiri. Biasanya pembeli bukan hanya mengontak dari satu pihak saja, melainkan beberapa toko online yang menjual produk serupa. Siapa yang membalas pertanyaan dari calon pembeli akan mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mendapatkan penjualan.

Biasanya tidak semua toko online selalu dalam kondisi online terus nih aplikasi WhatsApp, itu merupakan peluang bagi kita untuk mempunyai kelebihan sebagai tokoh yang cepat dalam membalas pesan. Apabila kita dapat meyakinkan calon pembeli untuk memutuskan belinya pada toko kita saja, maka sudah tertutup pintu penjual lain mendapatkan penjualan karena pembeli tentu saja lebih senang kalau pesan dibalas dengan cepat.

Setiap membalas pesan juga harus ramah karena orang Indonesia senang diperlakukan dengan ramah, khususnya saat membeli ingin diperlakukan lebih ramah lagi daripada biasa. Dapat menggunakan emotikon baru senyum dan juga telapak tangan yang bertemu agar terkesan lebih menghormati orang lain saat mengirimkan pesan.

5.       Berikan Katalog

Akan lebih menyenangkan apabila kita bisa melihat daftar produk yang dijual suatu toko online agar dapat membandingkan produk yang satu dengan yang lain. Kalau kamu menggunakan fitur katalog di WhatsApp bisnis maka jangan ragu untuk memperlihatkan katalog tersebut kepada calon pembeli, khususnya yang belum menentukan tiba produk yang ingin dibeli.

Cara ini juga memberikan kita keuntungan lainnya dengan membuka kesempatan menjual lebih dari satu macam produk saja.Cara cara yang disebutkan di atas semoga membantu kamu menemukan cara buat pelan dan senang belanja di WhatsApp milik toko online kamu.

Author

mgifr4n@gmail.com