Blade, Fitur Template Website Laravel Semenjak Versi 5
Blade, Fitur Template Website Laravel Semenjak Versi 5

Blade, Fitur Template Website Laravel Semenjak Versi 5

Semenjak laravel versi 5.1, website builder ini sudah memperkenalkan sebuah konsep bernama Blade Template, yakni mesin templating untuk mendesain tata letak agar tampilannya unik dan custom.

Tata letak yang dirancang pun nantinya dapat digunakan oleh tampilan lain, dan mencakup desain serta struktur yang konsisten.

Blade sendiri merupakan mesin templating yang sangat powerful, tersemat dalam kerangka laravel untuk memuhdakan kita dalam melakukan desain.

Secara nilai gunanya, fitur ini memungkinkan kita untuk menggunakan mesin templating dengan begitu mudah, bahkan jika kamu saat ini masih belajar tentang programming. Ini karena penulisan sintaks menjadi begitu sederhana.

Selain itu, mesin templating blade ini menyediakan strukturnya sendiri seperti ‘pernyataan bersyarat’ dan loop.

Dengan kata lain, kehadiran template website laravel memudahkan user dalam melakukan desain dan template sesuai keinginan mereka, dengan catatan harus tahu dasar-dasar dari HTML dan PHP.

Jika memang tak bisa, mungkin menyewa jasa pembuatan website laravel akan menjadi jalan pintas terbaik untuk kamu gunakan.

Manfaat Template Laravel

Templat Blade ini biasanya disimpan dalam direktori Laravel itu sendiri dengan alamat resources/views.

Keuntungan utama yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan mesin blade template ini adalah memungkinkan kita sebagai pengguna untuk membuat template master yang dapat diperluas oleh halaman individual lainnya.

Penjelasan sederhananya, kita dapat dengan mudah membuat template halamanan standar atau tata letak pada website kita tersebut.

Nah, tata letak ini kemudian dapat digunakan oleh salah satu atau semua tampilan aplikasi yang tengah kamu rancang dan kembangkan, demi memberikan desain dan struktur yang konsisten.

Dengan begitu, kita dapat menghemat waktu tanpa harus mendesain lagi dan lagi setiap kali ingin menambahkan postingan atau aplikasi.

Laravel Tanpa Blade

Jika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan blade template, tentunya masih diperbolehkan. Katakanlah kamu sudah nyaman dengan penggunaan Laravel versi 5 atau lebih jadul, maka tak ada kewajiban untuk beralih menggunakan Blade.

Blade sebenarnya merupakan template engine yang disediakan oleh Laravel sebagai fitur tambahan.

Jadi jika tak ingin menggunakan fitur tersebut, ya… berarti tak ada paksaan untuk menggunakannya.

Hanya saja, kamu perlu menggunakan Laravel sebagai Backend sebagai gantinya.