4 Panggilan Sayang yang Sopan untuk Pacar Kamu

Tiap orang pastinya mempunyai cara masing-masing dalam mengekspresikan rasa sayang pada orang tercinta. Beberapa cara yang dilakukan untuk menjaga hubungan itu pastinya beragam, terkait dengan kepribadian personalnya. Akan tetapi, salah satunya yang sering dilakukan …

Wisata Kuliner Bakso Kota Malang

Mungkin Anda bukan pertama kali ini mendengar tentang wisata kuliner di kota Malang, banyak sekali perkembangan di kota Malang seputar kulinernya, banyak sekali yang modern dan instagramable dengan berbagai hal yang …

Mengenal Cabai-Cabai Terpedas di Dunia yang Dapat Membuat Lidah Anda Terguncang!

  Cabai adalah buah dan tumbuhan yang termasuk dalam genus Capsicum. Cabai dapat digolongkan sebagai sayuran dan bumbu dapur, tergantung bagaimana penerapannya. Cabai sangat populer sebagai penambah cita rasa masakan di …

Hal yang Perlu Diketahui saat Belajar Bermain Saham

Investasi saham saat ini sangat populer di kalangan masyarakat, apalagi anak muda yang ingin mempersiapkan finansial sedari dini. Tentunya diperlukan persiapan yang baik jika ingin bermain di pasar efek. Saham adalah jenis investasi yang menguntungkan namun risikonya cukup besar sehingga modal pengetahuan sangat dibutuhkan di sini.

Belajar Saham

Ada banyak hal yang perlu dipahami jika ingin mulai belajar saham. Tapi tenang, seiring dengan berjalannya waktu semua hal tersebut pasti bisa dikuasai dengan baik. Sebagai permulaan, ada beberapa prinsip penting yang harus diketahui. Berikut adalah 5 hal penting untuk diketahui ketika Anda belajar bermain saham:

1. Sistem Saham

Hal pertama yang harus dipahami adalah pengertian saham serta seperti apa sistemnya. Sebelum mulai berinvestasi, tentu Anda harus tahu instrumen investasi apa yang akan dimainkan dan bagaimana sistemnya berjalan. Ini menjadi modal kuat untuk bisa mengambil keputusan-keputusan penting saat berinvestasi saham.

Pertama, cari tahu apa itu saham lalu alasan perusahaan memperjualbelikan sahamnya kepada masyarakat. Cari tahu bagaimana cara pembelian saham dan sistem pembagian profit seperti apa yang akan Anda terima. Hal ini bisa menjadi landasan dalam memperhitungkan nilai profit juga risiko kerugian yang mungkin harus ditanggung.

2. Jenis Saham

Hal berikutnya yang juga harus dipahami jika ingin berinvestasi saham adalah jenis-jenis saham. Ada banyak sekali tipe saham yang bisa diinvestasikan. Tentunya Anda harus memahami setiap jenisnya sehingga nanti bisa mengambil pilihan saham yang paling tepat untuk diinvestasikan.

Jenis saham sangat beragam, mulai dari saham biasa dan preferen kemudian ada saham blue chip, second layer, dan third layer. Lalu ada juga saham yang dikategorikan berdasarkan cara peralihan seperti bearer dan registered stocks. Semua tipe saham ini punya karakteristik masing-masing dan penting untuk dipelajari.

3. Keuntungan dan Risiko

Poin penting yang harus diketahui saat akan mulai investasi saham yaitu keuntungan serta risiko yang mungkin terjadi. Dua poin ini tidak bisa dipisahkan dan akan selalu berdampingan dalam dunia investasi. Apapun jenis instrumen investasinya pasti akan ada peluang profit juga risiko kerugian yang harus ditanggung. Oleh sebab itu pelajari hal ini dengan baik sehingga tahu semua risiko investasi.

Saham menjadi instrumen investasi yang prospek profitnya begitu besar. Namun di sisi lain jenis investasi ini juga punya risiko yang sama besarnya. Dengan memahami semua prospek untung dan rugi maka akan lebih mudah untuk mengambil langkah tepat saat bermain di bursa saham.

4. Strategi Analisis

Dalam setiap langkah investasi saham, Anda harus yakin membuat keputusan matang. Setiap langkah yang diambil harus didasari oleh analisis yang tepat. Itulah mengapa penting untuk memahami strategi analisis yang bisa dipakai dalam investasi saham. Cari tahu teori analisis apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana implementasinya.

Untuk memahami strategi analisis ini, Anda bisa membaca teorinya dari berbagai artikel. Selain itu, pahami juga praktik dari hasil analisis tersebut lewat video tutorial yang menjelaskannya secara lengkap. Nantinya setiap teori analisis yang dipelajari bisa segera dipraktikkan sehingga menghasilkan langkah investasi yang tepat.

5. Pengembangan Aset

Poin penting berikutnya yang harus dipahami adalah pengembangan aset. Dalam setiap investasi, Anda harus belajar bagaimana cara mengembangkan aset yang sudah dimiliki tersebut. Hal ini dilakukan agar profit yang Anda dapatkan bisa semakin bertambah banyak seiring waktu. Tentunya pengembangan aset ini harus dilakukan dengan cara tepat supaya tidak salah arah.

Cari tahu bagaimana caranya Anda bisa mengembangkan nilai profit dengan modal nilai saham yang ringan. Setelah dapat untung, cari cara agar profit itu bisa berkembang lebih banyak lagi. Jangan hanya diam di tempat dan menikmati profit untuk kepentingan konsumtif semata. Jika bisa mengembangkannya lebih jauh lagi maka keuntungan yang diterima akan semakin menggiurkan.

Itulah tadi 5 hal penting yang harus dipelajari ketika akan mulai belajar saham. Saham adalah jenis investasi yang tak bisa dibilang mudah, jadi pastikan untuk benar-benar mempersiapkan diri dengan baik agar langkah investasi saham ini berjalan efektif. Kenali kondisi keuangan Anda juga sebelum mulai berinvestasi agar tidak mempersulit diri sendiri.

Author

haryindrianto@gmail.com