4 Tips Mendapatkan Makanan Sehat Untuk Lansia
4 Tips Mendapatkan Makanan Sehat Untuk Lansia

4 Tips Mendapatkan Makanan Sehat Untuk Lansia

Daftar isi konten

4 Tips Mendapatkan Makanan Sehat Untuk Lansia

Makanan sehat untuk lansia Merupakan salah satu faktor untuk menunjang kesehatannya. Sebab lansia sudah tidak bisa lagi memakan sajian utama yang karena berhubungan dengan kesehatannya.

Asalnya banyak lansia yang yang menderita penyakit tertentu atau harus menjalani diet khusus sebagai pantangannya. Oleh karena itu mengolah makanan sehat untuk lansia memerlukan keterampilan yang tersendiri agar mereka tetap berselera.

Makanan Sehat Untuk Lansia

Mengolah makanan sehat untuk lansia sebenarnya tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan sajian yang lainnya. Hanya saja perlu diperhatikan Apakah ada pantangan yang berhubungan dengan kesehatannya.  Fokus utamanya adalah keberagaman variasi makanan agar seluruh nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi.

Konsistensi Makanan yang DIbutuhkan

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menyiapkan makanan bagi lansia adalah konsistensi dari sajiannya,  yaitu tingkat kelembutan atau kelembekan dari makanan tersebut. Sebab banyak lansia yang mengalami kesulitan makan karena kerapuhan pada gigi atau tanggal.

Dengan demikian pilihannya pun menjadi lebih terbatas tetapi bukan berarti kemudian akanannya tidak dapat divariasikan. Anda dapat mengolah bubur oat yang lunak sebagai sarapan dengan berbagai tambahan. Misalnya dengan kaldu ayam atau sapi dengan daging ayam atau  sapi yang diiris tipis-tipis dan lembut.

Rasa yang Lezat

Sebagian besar lansia kehilangan selera makan bisa jadi karena adanya pantangan perasa yang harus dihindarkan terkait dengan penyakit yang dideritanya.  Misalkan menderita hipertensi yang tentu saja disarankan untuk mengurangi garam dalam berbagai sajian makanannya.

Tentu saja rasanya akan menjadi tidak lezat. Hal itulah yang menyebabkan lansia tidak berselera makan. Oleh karenanya keadaan ini dapat diakali dengan cara menambahkan kaldu ayam atau sapi ke dalam sajian sup atau bubur timnya sehingga terasa lebih gurih.

Anda juga dapat mengganti beras putih yang yang dihindari oleh sebagian besar lansia yang sakit terutama diabetes dengan umbi-umbian yang memiliki indeks glikemiks lebih rendah. Misalnya ubi jalar rebus dan singkong yang terasa lebih manis.

Kudapan

Biasanya lansia sudah mulai mulai mengurangi porsi makannya dari yang banyak menjadi lebih sedikit namun kadang kala masih tetap lapar. Oleh karena itu bisa disiasati dengan kudapan yang lebih sehat misalnya dengan buah-buahan.

Anda dapat mengolahnya dengan cara di jus dengan tambahan adalah susu khusus lansia tanpa pemanis. Jika ingin lebih manis bisa menggunakan gula yang khusus memang untuk pengganti gula pasir.

Teknik Memasak yang Tepat

Seringkali lansia mengalami kesulitan makan yang disebabkan oleh kerapuhan pada gigi. Maka teknik memasak pun memiliki peranan yang penting agar tetap dapat mengkonsumsinya. Karenanya pilihan terbaik adalah mengukus atau merebusnya sehingga Anda dapat menetapkan tingkat keempukan yang paling tepat.

Menyiapkan makanan sehat untuk lansia dengan teknik yang benar serta resep yang tepat akan membuatnya menjadi berselera makan kembali. Sehingga asupannya akan semakin lebih baik dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi.