4 Jenis CRM yang Bisa Kamu Pilih dan Sesuaikan
4 Jenis CRM yang Bisa Kamu Pilih dan Sesuaikan

4 Jenis CRM yang Bisa Kamu Pilih dan Sesuaikan

Sejauh ini kita sudah tahu bahwa customer relationship management atau disingkat CRM tengah hangat-hangatnya digunakan di hampir semua kalangan bisnis.

Ini karena sebagian besar perannya mampu memudahkan kita dalam melakukan manajemen bisnis yang berkaitan dengan konsumen, yang mana secara otomatis mendukung kesuksesan pekerjaan kita sehari-hari dalam jangka panjang.

Semakin baik hubungan kita dengan pelanggan, maka akan semakin mudah dalam menghasilkan pendapatan tetap sambil menyediakan produk yang membuat pelanggan kita senang.

Oleh karena itulah, contoh CRM ini wajib kamu ketahui terlebih dahulu jika hendak menggunakannya tapi belum tahu secara detail mengenai dalamannya.

Belum lagi nantinya ada beberapa jenis yang ditawarkan kepada kita, dimana setiap variannya harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

Berbicara masalah jenis, setidaknya bisa kita bagi ke dalam beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut.

Outsourcing

Semisal perusahaan kita tak memiliki peran atau skill internal dalam mengurus CRM, maka tak ada cara lain untuk melakukan outsourcing ke pihak ketiga.

Bahkan outsourcing bisa menjadi solusi tercepat karena mereka sudah terlatih secara profesional. Alhasil, kita tak perlu melatih karyawan kita terlebih dahulu yang biasanya menghabiskan waktu dan tenaga.

Siap Pakai

Ada pula beberapa perusahaan perangkat lunak yang menawarkan aplikasi CRM terintegrasi dengan paket yang sudah ada.

Pendekatan ini biasanya menjadi pilihan termurah karena kita hanya harus berinvestasi pada komponen perangkat lunak berkelas standar.

Hanya saja kekurangannya terletak pada diri kita yang harus bersikap fleksibel dan menyesuaikan diri terhadap CRM tersebut, dan bukan sebaliknya.

Perangkat Lunak Khusus

Jika kamu ingin CRM tersebut menyesuaikan dirinya dengan perusahaan dan bisnis kita, maka harus siap menyewa konsultan dan ahli software untuk membuat sistem CRM tersebut terintegrasi dengan data kita yang sudah lebih dulu tersemat.

Sekalipun menjadi investasi yang menjanjikan, akan tetapi harganya bisa begitu mahal dan proses pekerjaannya sangatlah memakan waktu.

Opsi Campuran

Terkadang kita pun bisa mengambil pihak ketiga (outsourcing) sembari melatih karyawan kita untuk dapat berkiprah di bagian teknologi CRM.

Selain dapat menghemat biaya, juga kita bisa mendapatkan hasil yang fleksibel entah dari sisi efisiensi maupun fungsionalitas.